Sabtu, 14 Juli 2012

CARA MENGINGAT

Diposting oleh Sabrina di 00.02

CARA MENGINGAT
STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMORI

Sebelum membahas tentang cara dan strategi untuk meningkatkan kemampuan memori, akan dibahas mengenai teori, pengertian, serta macam atau jenis
Teori awal mengenai Memori dikenal sebagai Association Model (Model Asosiasi). Menurut model ini, memori merupakan hasil dari koneksi mental antara ide dengan konsep. Tokoh yang terkenal mendukung teori ini antara lain adalah Ebbinghaus yang melakukan beberapa penelitian, antara lain mengenai fungsi lupa serta savings.
A.     COGNITIVE MODEL (MODEL KOGNITIF)
Cognitive Model (Model Kognitif) mengatakan bahwa Memori merupakan bagian dari information processing. Teori ini mencoba menjelaskan bahwa manusia memiliki tiga macam Memori sebagai berikut:
ü Memori Sensoris
Memori Sensoris didefinisikan sebagai ”momentary lingering of sensory information after a stimulus is removed.” Diterjemahkan secara bebas, kalimat di atas bermakna bahwa, Memori Sensoris adalah informasi sensoris yang masih tersisa sesaat setelah stimulus diambil.
ü Memori Jangka Pendek
Memori Jangka Pendek disimpan lebih lama dibanding Memori Sensoris. Memori ini berisi hal-hal yang kita sadari dalam benak kita pada saat ini. Otak kita dapat melakukan beberapa proses untuk menyimpan apa yang ada di Memori Jangka Pendek ke dalam Memori Jangka Panjang, misalnya rehearsal (mengulang-ulang informasi di dalam benak kita hingga akhirnya kita mengingatnya) atau encoding (proses di mana informasi diubah bentuknya menjadi sesuatu yang mudah diingat).
ü Memori Jangka Panjang
Memori Jangka Panjang adalah informasi-informasi yang disimpan dalam ingatan kita untuk keperluan di masa yang akan datang. Ketika kita membutuhkan informasi yang sudah berada di Memori Jangka Panjang, maka kita akan melakukan proses retrieval, yaitu proses mencari dan menemukan informasi yang dibutuhkan tersebut. Proses retrieval ini bisa berupa:
o    Recognition
Mengenali suatu stimulus yang sudah pernah dialami sebelumnya. Misalnya dalam soal pilihan berganda, siswa hanya dituntut untuk melakukan recognition karena semua pilihan jawaban sudah diberikan. Siswa hanya perlu mengenali jawaban yang benar di antara pilihan yang ada.
o    Recall
Mengingat kembali informasi yang pernah disimpan di masa yang lalu. Misalnya ketika saksi mata diminta menceritakan kembali apa yang terjadi di lokasi kecelakaan, maka saksi tersebut harus melakukan proses recal. bisa dibantu dengan adanya cue, yaitu informasi yang berhubungan dengan apa yang tersimpan di Memori Jangka Panjang.
Retrieval bisa dibantu dengan adanya cue, yaitu informasi yang berhubungan dengan apa yang tersimpan di Memori Jangka Panjang. Terkadang kita merasa sudah hampir bisa menyebutkan sesuatu dari ingatan kita namun tetap tidak bisa; fenomena ini disebut tip of the tounge. Misalnya ketika kita bertemu dengan kenalan lama dan kita yakin sekali bahwa kita mengingat namanya namun tetap tidak dapat menyebutkannya.

B.     TULVING’S THEORY OF MULTIPLE MEMORY SYSTEMS
Menurut Tulving, Memori dapat dilihat sebagai suatu hirarki yang terdiri dari tiga sistem Memori:
§   Memori Prosedural
Memori mengenai bagaimana caranya melakukan sesuatu, misalnya Memori mengenai bagaimana caranya mengupas pisang lalu memakannya. Memori ini tidak hanya dimiliki manusia, melainkan dimiliki oleh semua makhluk yang mempunyai kemampuan belajar, misalnya binatang yang mengingat bagaimana caranya melakukan akrobat di sirkus.
§   Memori Semantik
Memori mengenai fakta-fakta, misalnya Memori mengenai ibukota-ibukota Negara. Kebanyakan dari Memori Semantik berbentuk verbal.
§   Memori Episodik
Model ingatan episodik dan semantik diperkenalkan oleh Endel tulving(Matlin, 1989). Ingatan episodik menyimpan informasi mengenai kejadian-kejadian dan hubungan-hubungan masing-masingkejadian itu, bersifat temporer dan berkaitan dengan perubahan peristiwa. Sedangkan ingatan semantik adalah pengetahuan yang terorganisasikan mengenai segala sesuatu yang ada dalam kehidupan. Ingatan semantik ini berkaitan erat dengan perngertian, konsep, ide dan fakta. Memori mengenai peristiwa-peristiwa yang pernah dialami secara pribadi oleh individu di masa yang lalu. Misalnya Memori mengenai pengalaman masa kecil seseorang.
Tulving mengajukan bukti adanya sistem memori yang terpisah-pisah seperti di atas antara lain melalui:
*             Amnesia
Adanya amnesia yang berbeda-beda, misalnya penderita amnesia yang melupakan semua Memori Episodik (pengalaman masa lalu), tapi masih mengingat Memori Prosedural.
*             Penyakit Alzheimer’s yang juga hanya menyerang sistem memori tertentu saja.

C.     CARA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMORI
Para ahli masih memperdebatkan apakah Memori merupakan suatu trait (sifat) atau skill (kemampuan). Trait merupakan sesuatu yang stabil dan tidak dapat ditingkatkan, sedangkan skill merupakan sesuatu yang bisa dipelajari dan ditingkatkan.
Orang yang memiliki kemampuan Memori yang sangat tinggi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
o   Proses encoding yang majemuk dan bermakna.
o   Memiliki banyak cue dengan asosiasi tinggi
o   Banyak latihan
Contoh orang-orang dengan kemampuan Memori yang tinggi:
·       Steve Faloon: dapat mengingat deretan angka yang panjang 
·       John Conrad: dapat mengingat pesanan makanan di restoran dengan sangat baik 
·       Rajan: dapat mengingat angka phi
Bagi orang normal, ada cara-cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan Memori, antara lain:
§  Mnemonic
Menciptakan asosiasi antar hal yang harus diingat.
§  Method of loci
Berusaha menciptakan gambaran seperti peta di benak kita dan mengasosiasikan tempat-tempat dalam peta itu dengan hal yang ingin diingat.
§  Peg word/ irama
Mengasosiasikan kata yang ingin diingat dengan kata lain yang berirama.
§  Menggunakan bayangan visual
Misalnya John Conrad menggunakan bayangan visual untuk mengingat pesanan makanan dari para tamu.
§  Memori akan baik ketika individu merasa terlibat secara emosional, namun keterlibatan emosional tidak terlalu tinggi.
§  Menggunakan sebanyak mungkin cue ketika berusaha mengingat sesuatu.
§  Memori akan lebih baik jika sesuatu dipelajari berulang kali walaupun masing-masing sesi cukup pendek, daripada mempelajari sesuatu dalam satu sesi yang panjang. Jadi, lebih baik mempelajari sesuatu dalam 3 sesi terpisah yang masing-masing lamanya 20 menit daripada 1 sesi yang lamanya 1 jam.
§  Memori akan lebih baik jika bahan pelajaran disimpan dalam beberapa cara, misalnya mengingat suatu pelajaran baik dari segi visual maupun audio akan lebih baik daripada hanya salah satu saja.

D.     CARA MENINGKATKAN DAYA INGAT
Daya ingat seseorang akan melemah seiring perjalanan usia orang tersebut. Semakin bertambah usia seseorang maka daya ingatnya pun semakin menurun. Banyak suplemen atau obat-obatan yang dikeluarkan sebagai pembantu daya ingat manusia. Tapi dengan mengonsumsi obat-obatan kimia tersebut tentunya akan memberikan effect samping yang tidak baik di kemudian hari.
Semakin baik cara kita menerima, mengolah dan menyimpan, akan semakin mudah juga kita untuk mengingat kembali data yang telah kita simpan tersebut. Masalah yang sebenarnya bukanlah mengapa kita sulit mengingat, tetapi bagaimna kita memasukkan informasi itu ke dalam memori kita.
Kemampuan daya ingat dapat ditingkatkan, asal kita tahu caranya dan bersedia melatih otot memori kita. Ada teknik memori yang dapat kita gunakan untuk membantu meningkatkan daya ingat kita. Teknik memori adalah teknik memasukkan informasi ke dalam otak yang sesuai dengan cara kerja otak. Karena metode yang digunakan sejalan dengan cara otak beroperasi dan berfungsi maka hal itu akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi otak dalam menyerap dan menyimpan informasi.
Otak sangat suka akan hal yang bersifat:
ü  Tidak masuk akal/ekstrem berlebihan
ü  Seksi
ü  Penuh warna
ü  Multi sensori (melibatkan lebih dari satu panca indera)
ü  Lucu
ü  Melibatkan emosi
ü  Melibatkan irama atau musik
ü  Tindakan Aktif
ü  Gambar tiga dimensi dan hidup/aktif
ü  Menggunakan asosiasi
ü  Imajinasi
ü  Simbol
ü  Nomor dan urutan
Ada beberapa teknik menhafal yang efektif, salah satunya yakni teknik rantaian kata. Sesuai namanya, dalam teknik ini kita merantaikan atau menyambung kata-kata yang ingin kita hapal. Kita menyambung/merantaikan kata tersebut dengan membuat suatu cerita. Namun sebelum kita mencoba teknik ini, perlu diketahui ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam membuat suatu cerita pendek yang baik yang dapat meningkatkan daya ingat kita. Syarat utamanya adalah kita harus ingat apa yang disukai oleh otak, yaitu 14 poin yang disebutkan di atas. Syarat lainnya:
o   Buatlah cerita yang berisi suatu aksi/tindakan
o   Hindari perubahan bentuk/obyek yang kita hapal
o   Jangan menambahkan obyek lain
o   KISS (Keep It Super Simple)
Saat anda membuat cerita yang berisi gambar dari kata/obyek yang ingin dihapal, usahakan untuk menutup mata anda sambil arahkan bola mata anda ke arah kiri atas.
Sebagai contoh setelah memahami syarat membuat rantaian kata yang baik, sekarang kita berlatih menggunakan teknik ini. Coba anda hapalkan kata-kata berkut ini
1.      Rumah
2.      Gudang
3.      Pesawat
4.      Bazoka
5.      Gunung
6.      Merpati
7.      Hotel
8.      Samudra
9.      Jakarta
10.  Amerika
Lakukan hal berikut ini:
ü Bayangkan rumah anda. Setelah gambar rumah anda jelas terlihat di dalam pikiran anda, bayangkan rumah anda mempunyai tangan yang kuat.
ü Rumah tadi kemudian mengangkat gudang.
ü Gudang ini lalu dilemparkan dan mengenai sebuah pesawat Boeing, tepat menindih kepala pesawat. Anda bayangkan pesawat yang mengerang kesakitan, napasnya terengah-engah.
ü Pesawat, menggunakan tangannya, menggapai-gapai mencari sesuatu dan ternyata menemukan bazoka.
ü Pesawat menembak gudang dengan menggunakan bazoka. Namun sayang tembakan meleset dan mengenai sebuah gunung. Tembakan bazoka menimbulkan lubang besar pada gunung.
ü Dari gunung keluar banyak sekali merpati.
ü Merpati terbang mencari tempat tinggal baru dan memilih tinggal di hotel.
ü Ternyata di dalam hotel ada si Samudra yang sedang merencanakan tindakan jahat.
ü Setelah rencananya matang, si Samudra berangkat ke Jakarta.
ü Samudra hendak mengebom fasilitas Amerika.
Lupa dan ingat adalah dua hal yang paling sering dialami manusia sepanjang hidupnya. Dengan mengingat segala hal penting pastinya bisa membuat urusan kita lebih mudah, sebaliknya kalau sedikit-sedikit lupa dan lupa lagi, kita harus berhati-hati menjadi orang yang cepat pikun. Selain itu daya ingat merupakan modal paling pokok dalam menjalani hidup ini dengan berbagai persoalan yang ada. Kita memiliki begitu banyak persoalan dan hal yang perlu kita ingat, sehingga apabila daya ingat kita lemah, maka berbagai persoalan akan menjadi berantakan, selain tidak ada prioritas juga tidak ada solusi.
Cara lain yang dapat diaplikasikan untuk meningkatkan daya ingat yaitu sebagai berikut:
1.        Menggunakan Audio Terapi Gelombang Otak Untuk Peningkatan Memori
Banyak orang memiliki masalah memori karena mereka memiliki mental blocking. Kenangan itu masih ada dalam pikiran bawah sadar mereka, tetapi pikiran sadar tidak dapat mengaksesnya. Pikiran bawah sadar dapat diakses ketika gelombang otak dalam frekwensi gelombang Theta, jika lebih tinggi dari itu, maka akan kesulitan untuk masuk alam bawah sadar. 
Seharusnya yang dilakukan adalah rileks dan santai agar frekwensi otak anda dalam frekwensi theta dan anda menjadi mudah untuk masuk alam bawah sadar, dan akhirnya anda benar-benar ingat di mana kita meletakkan kunci itu.
Sekarang kita tahu bahwa ketika otak berada dalam keadaan theta, maka otak lebih mudah untuk berhubungan dengan alam bawah sadar. Jadi dengan mendengarkan Audio Terapi Gelombang Otak yang telah di rancang kusus untuk meningkatkan daya ingat/memori, maka, terapi ini akan membawa Anda ke dalam keadaan theta yang sangat dalam, memungkinkan Anda dapat menghilangkan 'blok' dan mengambil memori yang 'tersembunyi'  dari pikiran bawah sadar. Terapi ini dapat bekerja untuk jangka pendek dan ingatan jangka panjang, dan banyak orang telah menemukan metode ini  efektif dibandingkan dengan teknik tradisional (meditasi).
Terapi Gelombang Otak sangat mudah digunakan yaitu seperti mendengarkan musik, cari tempat yang nyaman dan tenang, dan kemudian dengarkan dan fokus. Beberapa orang mendapatkan hasil instan pertama kalinya mereka menggunakan Terapi Gelombang Otak, tetapi hal ini tidak selalu terjadi, jadi bersiaplah untuk mendengarkan rekaman secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari itu. Sementara Terapi Gelombang Otak membuat lebih mudah untuk masuk ke keadaan sangat santai dan memasuki alam bawah sadar kenangan, ini masih memerlukan beberapa usaha untuk  fokus pada apa yang didengarkan dan komitmen untuk menggunakan secara teratur.
2.        Bangun pagi dan cium rosemary.
Dalam sebuah penelitian tahun 2003, para psikolog meminta 144 relawan untuk melakukan serangkaian uji coba tentang ingatan jangka-panjang, cara kerja ingatan, dan uji reaksi dan perhatian. Beberapa orang melakukan tes itu di ruangan yang bebas bau, beberapa di ruangan dengan bebauan dari minyak esensi rosemary, dan sisanya bekerja dengan bebauan minya lavender.
Hasilnya, mereka yang bekerja di ruangan dengan memiliki hasil yang bagus dalam ingatan jangka panjang dan kerja ingatan dibandingkan dengan yang bekerja di ruangan tanpa bebauan, sementara yang bekerja di ruangan beraroma lavender lebih jelek dalam hal kerja ingatan. Lebih jauh, mereka yang bekerja di ruangan beraroma rosemary merasa lebih terjaga dibandingkan dengan mereka yang bekerja di ruangan kontrol (tanpa bebauan). Sedangkan yang bekerja di ruangan beraroma lavender ternyata lebih merasa mengantuk. Ternyata lavender memang bagus untuk mengusir nyamuk. Namun efek sampingnya bisa membuat kita lebih suka tidur.


3.        Makanan untuk berpikir
Untuk menjaga ingatan tetap muda meski otak mulai menua, ilmuwan menyarankan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti blueberry, apel, pisang, sayuran berwarna hijau tua, bawang, dan wortel.
Antioksidan merupakan molekul yang dengan mudah mengikat dan menetralkan elektron yang disebut dengan “radikal bebas” yang berkeliaran secara bebas di aliran darah. Radikal bebas ini bertambah seiring usia dan bisa membunuh otak. 
Yang kedua, sebagian besar otak terbuat dari lemak sehat, termasuk yang paling penting adalah omega-3. Agar supaya otak bisa memperbaiki dirinya sendiri dan menjadi neuron-neuron tersambung dengan benar, kita harus memberikan makanan yang tepat buat otak. Omega-3 sendiri ditemukan di banyak jenis ikan dan kacang-kacangan.
4.        Mengunyah permen karet
Penelitian pada tahun 2002 yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa mengunyah permen karet memberikan hasil yang lebih baik pada uji ingatan jangka-panjang dan jangka pendek dibandingkan dengan mereka yang tidak mengunyah apa-apa.
Para ilmuwan menduga, tindakan mengunyah permen karet akan menghasilkan air liur yang meningkatkan denyut jantung; atau ia mempengaruhi fungsi daerah otak yang diberi nama hippocampus yang menyebabkan tubuh melepaskan insulin sebagai persiapan untuk metabolisme makanan.
5.        Permainan otak
Sebuah program yang disebut dengan Lumosity, dikembangkan dengan bantuan ilmuwan saraf dan psikolog kognisi dari Standford University dan University of California di San Francisco, secara khusus dirancang untuk orang tua yang ingin memperbaiki ingatan, konsentrasi, keterjagaan, dan bahkan mood mereka.
Tentu saja, selalu ada olahraga otak yang klasik dan murah meriah, seperti Sudoku, srabble, catur dan teka-teki silang yang bisa ditemukan di mana saja. Latihan-latihan itu akan menggugah pengetahuan dan membantu saraf-saraf di otak saling bersambungan. Melalui permainan yang butuh konsentarasi penuh, akan membuat daya ingat kita semakiin terlatih dan tajam.
6.        Tidur.
Dalam skala penelitian di lab menggunakan tikus, saat tikus tidur, dua area di otak – hippocampus dan medial prefrontal cortex, area yang berkaitan dengan pengambilan ingatan dari masa lalu (baik di manusia atau tikus) – berputar menayangkan kejadian-kejadian sepanjang hari itu. Proses ini dipercaya sangat penting untuk mengonsolidasikan dan merapikan file-file ingatan-ingatan baru yang terbentuk.
Kelelahan dan stress membuat seseorang menjadi mudaj lupa dan membuat fungsi otak tidak maksimal sehingga akan menurunkan daya ingat. Banyak informasi yang seharusnya dapat disimpan di otak, namun karena posisi kita sedang kelelahan dan stress maka informasi tadi akan hilang begitu saja. Sehingga harus membiasakan diri tidur yang cukup agar fungsi otak kembali maksimal.
7.        Menjadikan olaharaga sebagai kebutuhan dan rutinitas harian
Penelitian menunjukkan bahwa pusat ingatan di otak yang disebut hippocampus menyusut seiring usia. Namun penelitian pada tahun 2011 memberikan kabar bagus: orang dewasa yang beranjak tua yang rutin melakukan jalan kaki dapat mempertahankan volume hippocampus.
Penelitian yang dipimpin oleh Arthur Kramer dari University of Illinois-Urbana Champaign itu melibatkan 60 orang dewasa berusia 55 sampai 80 tahun. Mereka melakukan jalan kaki tiga kali seminggu masing-masing selama 40 menit. 
Aktivitas yang cukup untuk meningkatkan denyut jantung mereka. Peserta lain sejumlah yang sama melakukan latihan pengencangan otot latihan beban, yoga, dan peregangan, dalam intensitas yang sama. 
Setelah setahun pengencangan, anterior hippocampus peserta hilang sedikit di atas 1 persen dari volumenya, secara rata-rata. Sebaliknya, setahun latihan aerobik membuat peningkatan sekitar 2 persen pada volume anterior hippocampus, membalikkan penuaan alami hippocampus selama sekitar dua tahun.
Ilmuwan percaya bahwa hal itu disebabkan oleh imbas latihan yang menimbulkan stres ringan yang memicu produksi faktor pertumbuhan di otak. Rutin melakukan olahraga secara teratur akan dapat menigkatkan kebugaran tubuh dan membuat berbagai organ tubuh kita menjadi sehat.dengan olahraga yang teratur dapat memperlancar peredaran darah dan nutrisis ke otak, sehinggga kemampuan kerja otak akan semakin maksimal.
8.        Berhati-hati dengan suplemen penambah daya ingat.
Saat ini banyak seklai suplemen penambah daya ingat namun hal ini belum menjamin apakah suplemen-suplemen tersebut benar-benar dapat meningkatkan daya ingat dan tidak memberikan efek samping di masa yang akan datang. Sejauh ini para ilmuwan tidak secara bulat menegaskan tentanghal ini, untuk iitu kita harus mengkaji suplemen tersebut atau berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.
9.        Mengendalikan rasa stress yang menyelimuti pikiran
Setiap individu memiliki tingakat stress yang berbeda-beda. Stress yang berlebihan akan dapat mengganggu day ingat seseorang. Salah satu cara menghilangkan stress yaitu dengan menanggapi semua permasalahan yang ada secara bijak, sehingga daya ingat kita tidak akan banyak terpengaruh oleh setiap permasalahan yang muncul.
10.    Senantiasa mengawasi obat-obatatn yang dikonsumsi.
Menurut beberapa dokter ada beberapa jenis obat yang dapat menurunkan daya ingat seseorang. Diantaranya yaitu obat antidepressant, antihistamin, dan berbagai jenis obat darah tinggi. Apabila kita memang sangat membutuhkan obat-obat tersebut, hendaknya meminta saran dan resep dokter, selain itu juga menanyakan efek samping dari pemakaian obat tersebut.
11.    Jangan berhenti untuk terus belajar dan mangasah kempampuan otak.
Jika kita merasa daya ingat semakin melemah, kita dapat mengasahnya kembali denagn mebiasakan diri untuk belajar. Dalam kegiatan belajar ini kita daat mengikuti seminar, perkuliahan, kursus bahasa, dan kegiatan lain yang sifatnya dapat mengasah otak. Cara yang paling sederhana yaitu dengan mengingat nomor telepon kerabat yang kita miliki.
12.    Berusaha meningkatkan konsentrasi dan pikiran.
Meluangkan waktu kita untuk memfokuskan diri serat melatih konsentrasi dalam hal kesendirian dapat menyegarkan daya ingat kita. Mengingat kembali hal-hal yang harus disiapkan di rumah, di kantor, maupun di sekolah. Atau uga bisa dengan mengingat berbagai benda yang kita simpan.
13.    Menumbuhkan rasa optimis dalam diri.
Optimis akan suatu perubahan besar peranannya dalam upaya mempertajam kembali daya ingat. Rasa optimis ini akan membuka ruang dan berusaha keras meningkatkan kembali daya ingat yang lemah.







2 komentar:

Posting Komentar

 

Fatamorgana ^_^ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea